Slide K.I.S.A.H

Bundaran Batu Satam, Kota Tanjung Pandan, Belitung.
Pantai Tanjung Tinggi, Belitung.
Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
Gunung Bromo, Jawa Timur.
Kebun Teh Ciater, Bandung, Jawa Barat.
Desa Saleman, Pulau Seram, Maluku Tengah.
Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Jawa Timur.
Kampung Bajo, Kaledupa, Wakatobi.
Pantai Pink, Lombok, NTB.
Candi Prambanan, Yogyakarta, Jawa Tengah.
Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat.
Sawah Tegalalang, Gianyar, Bali
Suku Sasak, Lombok, NTB.
Wae Rebo, Manggarai, NTT.

CINA PASCA PERANG DUNIA II


Cina menjadi penyeimbang kekuatan dunia, kalimat inilah yang tepat ditujukan bagi bangsa ras kuning. Melalui rangkaian sejarah yang panjang dan belajar dari pengalaman Cina menjadi sebuah bangsa yang besar. Berliku, revolusi, dan pertumpahan darah menjadi bagian penting dalam proses perubahan.
Sejarah Cina dimulai dari masa Dinasti sampai runtuhnya sistem kekaisaran Dinasti Manchu tahun 1912. Kemudian Cina menjadi sebuah Negara nasionalis dibawah Sun Yat Sen. Setelah Perang Dunia II, Perang Saudara Cina antara Partai Komunis Cina dan Kuomintang berakhir pada 1949 dengan pihak komunis menguasai Cina Daratan dan Kuomintang menguasai Taiwan dan beberapa pulau-pulau lepas pantai di Fujian. Pada 1 Oktober 1949, Mao Zedong memproklamasikan Republik Rakyat Cina dan mendirikan sebuah negara komunis. Cina dibawah kekuasaan komunisme, berkembang menjadi sebuah negara yang sangat ambisius. Cina menginginkan menjadi negara seperti Jerman dan Inggris. Maka untuk merealisasikan keinginannya itu Mao Zedong membuat beberapa kebijakan, misalnya menjalankan Lompatan Jauh Kedepan dan Revolusi Kebudayaan yang memakan ribuan korban jiwa, biaya ekonomi yang besar, dan rusaknya kebudayaan Cina.
Lompatan Jauh Kedepan merupakan kebijakan yang dilakukan oleh Mao Zedong untuk menandingi ekonomi negara-negara eropa dibidang industri. Setelah kegagalan Lompatan Jauh Kedepan itu Mao Zedong beranggapan itu karena komunisme kurang menyebar di rakyat Cina, maka untuk lebih menyebarkan komunisme Mao Zedong menjalankan Revolusi Kebudayaan. Kehidupan bermasyarakat Cina pada masa RRC pada umumnya dipengaruhi oleh komunisme. Dari aspek politik, RRC menjadi sebuah negara komunisme dengan sistim mono partai yaitu PKC. Dari aspek ekonomi, pada mulanya Cina menganut sistim ekonomi sosialis, tetapi pasca kegagalan semua kebijakan itu, pada tahun 1978, Cina berubah menjadi negara pragmatis, dimana ia menggunakan sistem pasar bebas tetapi idiologi Negara tetap komunisme.
Munculnya masalah Taiwan berkaitan dengan perang saudara yang dilancarkan Kuomintang Tiongkok setelah itu. Akan tetapi yang lebih penting ialah keterlibatan kekuatan asing. Selama perang anti Jepang di Tiongkok, Partai Kuomintang Tiongkok dan Partai Komunis Tiongkok telah menggalang front penyatuan nasional anti Jepang untuk melawan agresi imperialisme Jepang. Setelah kemenangan perang anti Jepang, Kuomintang yang dipimpin Chiang Kai-sek dengan mengandalkan dukungan Amerika, melancarkan perang saudara di seluruh negeri. Rakyat Tiongkok yang dipimpin Partai Komunis Tiongkok melancarkan perang pembebasan selama 3 tahun lebih. Ketika itu Kuomintang telah dinajiskan oleh rakyat semua etnis di seluruh negeri karena tindakan durhakanya, dan pemerintah “Republik Tiongkok”-nya Kuomintang digulingkan. Tanggal 1 Oktober 1949, Republik Rakyat Tiongkok berdiri dan menjadi satu-satunya pemerintah sah di Tiongkok. Sebagian anggota militer dan sipil klik Kuomintang mundur ke Taiwan. Dengan dukungan pemerintah Amerika pada waktu itu, terjadilah situasi terpisah di Selat Taiwan.
Cina Masa Pendudukan Jepang
A. Sejarah Pembentukan Negara Taiwan
Taiwan merupakan bagian dari wilayah Cina yang tidak boleh dipisahkan. Dalam aspek topografi, semasa zaman kuno, Pulau Taiwan menyambung dengan Tanah Besar Cina. kemudian, disebabkan pergerakan bumi, bagian penyambung itu turun dan berubah menjadi selat, maka Taiwan turut menjadi pulau. Terdapat banyak benda budaya yang digali di berbagai tempat Taiwan diantaranya alat batu, keramik hitam dan keramik berwarna membuktikan kebudayaan Taiwan sebelum catatan sejarah sama dengan kebudayaan di Daratan Cina.
Berdasarkan catatan dokumen zaman kuno, pada tahun 230, Raja Negara Wu Sun Quan pernah menugaskan Jenderal Wei Wen dan Zhunge Zhi mengetuai 10 ribu pasukan maritim tiba di Taiwan. Ini merupakan permulaan penduduk China daratan menggunakan pengetahuan Taiwan. Pada akhir Abad ke-6 dan awal Abad ke-7 yaitu Dinasti Sui, Raja Yang pernah 3 kali mengantar pegawainya ke Taiwan untuk mengadakan kajian dan membantu penduduk setempat. Dalam waktu kira-kira 600 tahun berikutnya yaitu masa Dinasti Tang dan Song, untuk menghindari diri dari peperangan di dalam tentara, terdapat banyak penduduk yang tinggal di pantai Daratan Cina khususnya di kawasan sekitar pelabuhan Quanzhou dan Zhangzhou, Provinsi Fujian melarikan diri ke Kepulauan Penghu atau pindah ke Pulau Taiwan. Pada tahun 1355, Dinasti Yuan secara resmi menubuhkan “Jabatan Penghu” di Kepulauan Penghu untuk menangani penguasaan Penghu dan Taiwan. Ini juga merupakan permulaan kerajaan Daratan Cina menubuhkan pemerintahan di Taiwan.
Setelah Dinasti Ming, pertukaran antara rakyat Daratan Cina dengan Pulau Taiwan makin sering terjadi. Ahli pelayar Zheng He semasa mengetuai pasukan kapal besar melihat berbagai negara Asia Tenggara, pernah singgah di Taiwan dan memberi barangan handikraft serta hasil pertanian kepada penduduk tempatan. Pada tahun 1628, kekering terjadi di Provinsi Fujian sehingga rakyat jelata menderita masalah besar. Penduduk Fujian Zheng Zhilong mengetuai puluhan ribu orang mangsa pindah ke Taiwan untuk mengadakan penyerangan secara besar-besaran.
Sejak pertengahan Abad ke-16, Pulau Taiwan yang indah dan kaya sumbernya mulai dikuasai penjajah barat. Berbagai negara asing termasuk Sepanyol dan Protukal berturut-turut menyeranaiwan, atau merampas sumber, atau secara terpaksa menyebar ajaran agama, atau secara langsung mengadakan penaklukan. Pada tahun 1642, Belanda mengalahkan Spanyol dan menduduki bahagian utara Pulau Taiwan, dan Taiwan turut menjadi tempat penjajahan Belanda. Penjajah Belanda mengadakan ekploitasi yang kejam terhadap rakyat Taiwan semasa penaklukannya. Rakyat Taiwan sentiasa mengekalkan perjuangan antiBelanda. Pada tahun 1662, berdasarkan bantuan rakyat Taiwan, pahlawan nasional Cina Zheng Chenggong berjaya mengalahkan penjajah Belanda dan mengambil balik Taiwan. Pada masa tidak lama kemudian, Zheng Chenggong kena sakit dan meninggal dunia. Anaknya Zheng Jing dan Zheng Keshuang menangani pentadbiran di Taiwan selama 22 tahun. Semasa tempoh 3 genegrasi Zheng Chenggong menangani pentadbiran di Taiwan, mereka melaksanakan banyak tindakan untuk menjana perkembangan ekonomi dan kebudayaan Taiwan antaranya menggalakkan pembuatan gula dan garam, mengembangkan industri dan perniagaan, meningkatkan perdagangan, menubuhkan sekolah dan memperbaiki cara pengeluaran pertanian etnik Gaoshan. Ini dikenali sebagai “Zaman Mingzheng” dalam sejarah penerokaan dan pembangunan Pulau Taiwan.

B.Perkembangan Negara Taiwan
Pada tahun 1683, kerajaan Dinasti Qing menyerang Pulau Taiwan dan Zheng Keshuang mengetuai tenteranya menyerah diri. Kerajaan Dinasti Qing menubuhkan satu Jabatan dan 3 Kaunti di Taiwan yang dibawah pimpinan Provinsi Fujian. Taiwan dimasuki semula dalam pentadbiran kerajaan pusat China dan penghubungannya dengan Tanah Besar dalam pelbagai bidang termasuk politik, ekonomi dan kebudayaan semakin erat. Taiwan merupakan sebahagian wilayah China yang tidak boleh dipisahkan.
Pada tahun 1885, kerajaan Dinasti Qing meningkatkan kedudukan pentadbiran Taiwan sebagai provinsi dan menugaskan Liu Mingchuan sebagai gubernur pertamanya. Liu Mingchuan secara besar-besaran memanggil penduduk dari Fujian dan Guangdong pindah ke Taiwan untuk mengadakan penerokaan. Mereka menubuhkan Badan Pertanian, Badan Telegram, Badan Landasan Kereta Api, Badan Mesin Senjata, Biro Perdagangan, Biro Minyak dan Lombong serta Badan Penebangan kayu, membina benteng meriam, mengubah pertahanan, membina kemudahan bekalan tenaga elektrik, menubuhkan pos, membina landasan kereta api dan kapal, mengembangkan industri dan komersial, mendirikan sekolah Cina dan barat, menggalakkkan pendidikan dan lain-lain.
Mulai pertengahan Abad ke-19, Jepang melancarkan “Pembaharuan Meiji” dan memulakan pembangunan masyarakat kapitalisme. Pada tahun 1894, Jepang melancarkan Perang China-Jepang yang juga disebut sebagai Perang Jiawu. Kerajaan Dinasti Qing Cina yang dikalahkan terpaksa menanda tangani “Perjanjian Maguan” yang terhina dan menyerah Pulau Taiwan dan Kepulauan Penghu kepada Jepang. Taiwan mulai menjadi tempat penjajahan Jepang selama 50 tahun.
Setelah menaklukkan Taiwan, Jepang membentuk Jabatan Gubernur di bandar Taipei sebagai badan tertinggi memerintah Taiwan, dan menbentuk jabatan pekan dan permukiman diberbagai tempat untuk melaksanakan pemerintahan penjajahan serta pendidikan “Bersetia terhadap Mikado”. Serentak itu, untuk menjadi perkembangan ekonomi negara sendiri, Jepang menetapkan Taiwan sebagai pangkalan pertanian dan pemrosesan hasil pertanian. Maka industri pemprosesan dan pengangkutan beransur-ansur berkembang di Taiwan. Semasa Perang Dunia ke-2, untuk menyediakan bantuan dalam pelaksanaan dasar menyerang selatan, Jepang meningkatkan pembangunan berbagai industri persenjataan di Taiwan.
Berdasarkan fakta sejarah, perjanjian antarabangsa yang ditandatangani semasa Perang Dunia ke-2 memastikan semula Taiwan sebagai wilayah yang tidak boleh dipisahkan dari Daratan Cina. Pada 1 Disember 1943, ketiga negara yaitu Cina, A.S. dan Inggris bersama-sama menandatangani “Perjanjian Kahirah” yang menetapkan “Wilayah Cina yang diambil oleh Jepang seperti Manzhou, Taiwan, Penghu dan lain-lain harus dikembalikan kepada Cina”. Pada 26, Julai 1945, ketiga negara Cina, A.S. dan Inggris serta bekas Soviet Union menandatangani “Pengumuman Potsdam” yang menegaskan semula bahawa “Pasal ‘Perjanjian Kahirah’ mesti dilaksanakan”.
Pada 15 Agustus 1945, Jepang mengumumkan menerima semua pasal “Pengumuman Potsdam” dan menyerahkan diri tanpa syarat. Pada 25 Oktober 1945, kerajaan China mengadakan upacara di Taipei menerima kekalahan Jepang. Bagaimanapun setelah Taiwan diambil alih, pihak yang berkuasa Partai Kuomintang melaksanakan pemerintahan diktator ketenteraan terhadap rakyat Taiwan. Selain itu,semakin serius sehingga memperhebat konflik dengan rakyat Taiwan. Pada 28 Februari 1947, rakyat Taiwan mencetuskan pemberontakan bersenjata yang menentang pemerintahan Partai Kuomintang. Pemerintahan Partai Koumintang mendaratkan tentaranya di bandar Jilong untuk memindas pemberontakan tersebut. Lebih dari 30 ribu orang terbunuh dan peristiwa ini dikenal dengan “Peristiwa 2 Februari”.
Pada 1 Oktober 1949, Partai Komunis Cina mengetuai rakyat Cina menggulingkan pemerintahan Partai Kuomintang dan mendirikan Cina baru. Sebelum Cina daratan dibebaskan, Jiang Kai Shek dan sejumlah pegawai Partai Kuomintang melarikan diri ke Taiwan dan dan mendirikan pemerintahan Taiwan dengan sokongan A.S.. Dan sekali lagi Pulau Taiwan dipisahkan dari daratan Cina.

C.Politik Pemerintahan Taiwan
Taiwan memiliki sistem politik yang berbeda dengan sitem politik di RRT, menggunakan asas demokrasi dan liberalisme yang umum digunakan negara -negara barat. Ketika pemerintahan nasionalis dengan partai Koumintang (KMT) berpindah dari Tiongkok karena kalah perang terhadap pasukan komunis, maka Chiang Kai Shek menerapkan sistem pemerintahan darurat dengan asas tunggal satu partai Kuomintang (KMT). Keadaan darurat ini guna mempersiapkan diri dalam merebut kembali daratan Tiongkok.
Administrasi pemerintahan nasionalis di Taiwan masih terbagi menjadi lima yuan atau lima badan administrasi. Hanya saja beberapa tugas mereka ada yang edikit diubah.sebagian yuan eksekutif diserahkan pada yuan legislatif. Pengangkatan presiden yang dilakukan oleh yuan eksekutif kini menjadi wewenang yuan legislatif juga yang memiliki hak interpelasi. Jiang yang tepilih sebagai presiden di Nanjing pada tahun 1948 ketika pemerintahan nasionalis masih bekuasa di Daratan Cina. Kepiawaian Chiang Kai Shek untuk memimpin kembali Taiwan membawanya kembali menjadi presiden di tahun 1954 dan itu terjadi lagi pada tahun 1960 dan tahun 1966 Chiang Kai Shek terpilih untuk keempat kalinya menjadi presiden.
Pada tahun 1972 untuk kelima kalinya Chiang Kai Shek menang untuk kelima kalinya dalam pemilihan umum. Dimasa inilah beberapa pihak oposisi pemerintahan Chiang Kai shek mulai di kritik. Banyak yang menanyakan apakah diperbolehkan presiden memimpin sebuah negara sebanyak lima kali?. Belum lagi adanya kesan Nepotisme dalam pemeritahan. Selain itu Chiang Kai Shek yang terkenal kaku dan menjaga jarak dengan rakyat melakukan politik pembatasan kegiatan pers politik dan pembungkaman kaum oposisi yang justru banyak berpengaruh di kalangan penduduk Taiwan asli. Keadaan ini berlaku sampai Chiang Kai Shek wafat.
Namun dalam pemerintahan Chiang Kai Shek banyak kemajuan-kemajuan yang dapat di tempuh, diantaranya:
1.Chiang Kei Shek dapat merubah Taiwan yang awalnya negara agraris menjadi negara industri, perindustrian ini pun maju dengan pesatnya, endapatan perkapita Taiwan meningkat menjadi $218 miliar, Taiwan pun masuk nominasi Macan Asia.
2.Pemberantasan korupsi pun tak luput dari agenda yang dijalankannya.
Dengan dua point penting itu saja dapat mengubah tingkat kesejahteraan rakyat masyarakat Taiwan. Ini mengalahkan tingkat pendapataan negara tetangganya RRC yang pada saat itu ditahun 1956 masih tertatih-tatih membanun ekonomi negaranya.
Selain didalam bidang ekonomi ciang kai shek pun memperhatikan bidang pendidikan dimana pada tahun 1969 banyak sekolah dan institusi pendidikan dibangun angka melek hurufpun meningkat, menjadi 97,15%. Lembaga penelitian yang bergengsi dalam negara tersebut adalah akademika simika yang berlokasi di nangga. Setelah kematian Cian kai Shek pada tanggal 5 April 1975 membawa duka tersendiri bagi rakyat Taiwan, namun sebelum meninggal cian Kai Shek meminta kepada seluruh rakyatnya agar menerima untuk menegakan prinsip tiga asas rakyat yang diajarkan oleh Dr. Sun Yat Shen serta menegakan Demokrasi. Yan Jiaganmenggantikan posisi Ciang Kai Shek menjadi persiden dan mengakhiri jabatannya tahun 1978. putra Cian Kai Shek yang bernama jing jingou menggantikan posisi presiden Ciang. Dimasa pemerintahannya jiang Jinggou menerapkan perinsip mencintai rakyat sebagai landasan kepemimpinannya. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan pemerintahan ayahnya yang terkenal formal dan kaku. Pemerintahan Jiang tidak kalah cemerlang banyakn kemajuan ekonomi yang tercapai. Stabilitas sosial kemakmuran dan kekuatan militer juga berkembang dengan baik.
Pada tahun 1984 untuk kedua kalinya Jiang Jinggou terpilih lagi menjadi persiden dengan Li Denghui ( Lee Tenghui )sebagai wakilnya. Dibawah pemerintahan Jiang Jingguo yang kedua ini mulai dikembangkan demokrasi barat yang memadukan dengan warisan budaya Cina, sehingga menjadi alternatif berbeda bagi politik di daratan Cina, dan dimasa ini juga terjadi sejarah baru ditanah Taiwan. Karena pada tanggal 28 September 1986, suatu partai baru yang bernama Democratic Progressive Party (DPP) diakui secara resmi, dimana sebelumnya, Kuomintang menjadi satu-satunya partai. Pada tanggal 13 Januari 1988 Jiang Jingguo meninggal, Li Denghui menggantikan posisinya. Dimasa pemerintahan Li Denghui terjadi gebrakan penting yaitu memberikan kesempatan pada penduduk asli Taiwan untuk berpartisipasi dalam politik, dimana sebelumnya jabatan-jabatan pentig hanya dipegang ole para pelarian-pelarian Cina.
Hubungan RRC menjadi masalah yang pelik sendiri dimasa itu. Ini membawa dampak berbagai pandangan tentang status Taiwan, ada yang menganggap Taiwan sebagai bagian Cina seperti Amerika, ada pula yang menganggap sebagai negara berdaulat namun lama-lama berkurang. Oleh karena itu, DPP menjadi oposisi Kuomintang dan memiliki gagasan untuk memproklamaska Taiwan sehingga statusnya tidak menggantun. Namun gagasan ini dnilai oleh politikus terlalu beresiko. Sehingga warga dan politikus Taiwan ada reunifikasi dengan Cina dibawah payung ”satu negara dua sistem” seperti yang diberlakukan di Hongkong.

Pemerintahan kepresidenan digantikan oleh putranya Chiang Ching Kuo sampai beliau wafat pada tahun 1980-an akhir. Pada masa ini kran kebebasan pers, politik dan mengemukakan pendapat dibuka secara perlahan-lahan. Meskipun masih terobsesi dengan upaya menguasai kembali Tiongkok daratan. Chiang Ching Kuo berusaha bersikap realistis dengan situasi yang ada. Dia tidak ingin mewarisi pemerintahan yang otoriter. Pada pemilu yang pertama, terpilihlah Lee Teng Hui yang juga dari kalangan partai KMT. Pada masa pemerintahan Lee Teng Hui, hubungan dengan Tiongkok daratan mulai memanas karena mulai diwacanakannya kemerdekaan bagi Taiwan dengan nama Taiwan (Selama ini sebagian diplomat selalu tertukar dalam menggunakan nama Republik China dengan Republik Rakyat Tiongkok ). Selain itu, menggalang dukungan dari kalangan internasional, juga memantapkan dukungan dari negara-negara yang masih menjalin dukungan dengan Taiwan yang saat itu berjumlah 30 negara termasuk Afrika Selatan. Namun tamparan diplomatik diperoleh Taiwan ketika akhirnya Afrika Selatan akhirnya memindahkan hubungan diplomatiknya ke RRC pada tahun 1997.
Presiden selanjutnya dijabat oleh Chen Shui-bian dari kalangan partai oposisi DPP yang juga putra asli Taiwan. RRT khawatir Taiwan benar-benar akan mewujudkan kemerdekaannya. Referendum yang diadakan Chen masih menghasilkan keadaan status quo. Tiongkok memprovokasinya dengan mengadakan latihan militer dan pengadaan persenjataan baik impor maupun swadaya. Pemilihan umum 2004 menghasilkan kemenangan tipis Chen Shui-bian terhadap lawannya Lien Chan dari partai oposisi sekarang, KMT yang menjadikannya menjabat presiden kedua kalinya. Namun partai Chen, DPP kalah dalam perolehan suara di Parlemen oleh KMT. Lien Chan juga kalangan oposisi lainnya James Soong justru melakukan pendekatan diplomatik dengan RRT.
Pada masa pemerintahan Chen Shui-bian, juga diupayakan penggalangan internasional agar Taiwan menjadi anggota PBB dengan alasan kekuatan ekonomi dan keberadaannya secara de facto yang juga diakui 29 negara di antaranya Kosta Rika. Namun kebanyakan negara-negara yang menjalin hubungan diplomatik dengan Taiwan umumnya adalah negara negara kecil atau negara dunia ketiga yang tidak memiliki potensi strategis dikalangan dunia internasional. Salah satu upayanya adalah program melirik ke selatan (Indonesia) dengan kunjungan tidak resmi wakil presiden Annete Lu ke Bali dan mengadakan pertemuan dengan pejabat tinggi setingkat menteri di Indonesia serta mengadakan konsesi konsesi terutama dibidang ekonomi di Indonesia yang masih terjerat krisis sejak krisis 1997. Akibat kunjungan ini, Indonesia menerima protes keras diplomatik oleh RRC karena Indonesia dianggap main mata dengan provinsi yang membangkang itu .
Taiwan menikmati hubungan khusus dengan Amerika Serikat sekalipun hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat dihentikan sejak kunjungan presiden Richard Nixon ke RRC pada tahun 1970-an. Namun hubungan diplomatik tidak resmi tetap berjalan melalui bidang ekonomi dan militer. Pada masa pemerintahan George W. Bush, Taiwan kembali dianggap penting oleh AS dalam usahanya membendung pengaruh Cina khususnya dalam bidang perdagangan.
Hubungan diplomatik dengan negara-negara lain umumnya menggunakan jalur ekonomi dan perdagangan, sekaligus menjadi saluran hubungan diplomatik tidak resmi mengingat Taiwan secara riil merupakan kekuatan ekonomi Asia secara signifikan dan merupakan pintu gerbang para investor untuk melakukan investasi di kawasan ini selain Hong Kong dan Singapura.
Cina berusaha melunakkan tawaran dengan memberikan kelonggaran kepada Taiwan dengan semboyan Satu Tiongkok dua Sistem (Republic-People Republic of China) dengan pilot proyek diterapkannya sistem itu di Hong Kong dan Makau ditambah dengan komunikasi politik dengan tokoh oposisi Taiwan dan rekonsiliasi politik antara Partai Komunis Tiongkok dengan Partai Nasionalis (Kuomintang) yang pernah berseteru pada tahun 1930-1940-an itu. Namun perkembangan politik di Hong Kong, mundurnya ketua daerah otoritas khusus Hong kong Tung Chee-Hwa atas desakan RRT, naiknya Donald Tsang, tokoh moderat yang masih diikat secara politik oleh RRT dan sering terjadinya gejolak politik terutama dengan aktivis prodemokrasi membuat rakyat dan pemerintah Taiwan menolak tawaran halus RRT.

0 komentar

Post a Comment

Setelah membaca posting Berikan Komentar anda untuk memperbaiki kesalahan tulisan kami..